Komunikasi
adalah hal yang penting bagi seorang sekretaris karena pekerjaaannya selalu
berkomunikasi dan berhubungan dengan banyak orang . berikut sedikit informasi
dari kampusnyaintan tentang komunikasi seorang sekretaris.
Komunikasi
berasal dari bahasa latin, yaitu Communicatio yang berarti pemberitahuan atau
pertukaran pikiran. Istilah Commucatio bersumber dari kata communis yang arinya
sama maknanya. Jadi sekelompok orang yang terlibat dalam komunikasi harus
memiliki kesamaan makna, jika tidak maka komunikasi tidak dapat berlangsung.
Bila seseorang menyampaikan pesan, pikiran dan perasaan kepada orang lain dan orang
tersebut mengerti apa yang dimaksudkan oleh penyampaian pesan maka komunikasi
berlangsung.
Pengertian
komunikasi adalah suatu proses penyampaian pikiran dan perasaan oleh seseorang
kepada orang lai dengan menggunakan lambang-lambang yang mempunyai arti bagi
kedua belah pihak. Proses penyampaia tersebut pada umumnya manggunakan bahasa,
karena bahasa menggunakan lambang yang dapat mewakili sesuatu, baik yang
berwujud maupun tidak. Selain bahasa dapat juga digunakan gerak isyarat atau
mimik dan pant mimik. Kounikasi dengan bahasa disebut komunikasi verbal
sedangka komunikasi dengan menggunakan lambang disebut komunikasi non verbal.
Bagi
sekretaris terutama perlu mengetahui dan menguasai tehnik komunikasi langsung
(face to face). Jenis komunikasi ini yaitu
1. Komunikasi langsung antara
seorang komunikator dengan seorang komunikan
2. Komunikasi kelompok yaitu
komunikasi antara seseorang atau lebih dengan sekelompok orang secara tatap
muka.
Keuntungan
komunikasi antar pribadi untuk melakukan persuasi adalah terjadinya kontak
pribadi, sehingga komunikator memahami , mengetahui dan mengkaji sejauh mana
pesan yang disampaikan dapat diterima baik oleh komunikan. Dengan mengetahui,
memahami dan mengkaji hal-hal tersebut, komunikator dapat memperbaiki sikap
antara lain:
1. Mengontrol setiap kata dan
kalimat yang diucapkan
2. Mengulangi kata-kata yang
mempunyai maksud penting disertai berbagai penjelasan secukupnya
3. Memberi kepastian pengertian apa
yang telah di ucapkan
4. Memberi intonasi kata-kata yang
penting
Yang perlu dilakukan oleh
komunikator agar dalam berkomunikasi berjalan lancar:
1. Berperilaku empatik yaitu
memahami perasaan orang lain dan berperilaku simpatik
2. Tanamkan percaya pada diri
sendiri tanpa pengaruh orang lain
3. Bersikap sebagai fasilitator
yaitu memberi arah kemudahan
4. Apa yang di ucapkan harus dapat
dipertanggung jawabkan
5. Apa yang dikemukakan berdasarkan
fakta dan kebenaran
0 komentar:
Posting Komentar